Menghitung Biaya Bangunan

Tabel menghitung biaya bangunan berikut bisa membantu membuat perkiraan anggaran bangunan, nilai RAB (rencana anggaran bangunan)yang tertera sudah termasuk perkiraan biaya pondasi, besi sloof, kolom praktis, ringbalk, finishing dinding, atap dan plafon yang kesemua item pekerjaan tersebut dikalkulasikan dari luasan dinding. Kemudian footplat, kolom struktur, balok dan sloof struktur yang dikalkulasikan dari luas dag/plat beton struktural. Pekerjaan kamar mandi termasuk di dalamnya, kloset duduk, keramik dinding dan lantai kamar mandi, septic tank, saluran air kotor dan peresapan serta saluran air bersih dari sumber air.

Item pekerjaan yang belum diperhitungkan dalam perkiraan RAB ini adalah :

  • pekerjaan listrik
  • pekerjaan urugan
  • pekerjaan bongkaran
  • sumber air bersih
  • sambungan sumber listrik
  • carport dan finisihing luar rumah
  • meja dapur dan lain-lain pekerjaan interior

Semua perhitungan dalam tabel ini menggunakan material dan aplikator Ezygriya

*Disclaimer Menghitung Biaya Bangunan

Nilai pada mengihitung biaya bangunan ini adalah PERKIRAAN, untuk akurasi hitungan harus berdasarkan gambar kerja. Silahkan konsultasikan kepada perencana / pelaksana bangunan yang terkait, jika membutuhkan konsultasi dari Ezygriya silahkan gunakan chat Whatsapp.

Metode menghitung biaya bangunan yang ada pada tabel tersebut didapatkan dari nilai penghitungan luas dinding yang kemudian dibuat algoritma untuk menentukan beban struktur yang diperluak, luas bukaan ideal dan beberapa faktor lain. Untuk mendapatkan gambaran tentang perhitungan pada halaman ini silahkan simak video berikut.

Teknik konstruksi sangat mempengaruhi alat, bahan dan material yang digunakan untuk membangun bangunan, yang tentu saja akan mempengaruhi biaya yang nantinya timbul. Ada beberapa metode dalam membangun dinding, bisa disimak pada link berikut. Tabel hitung RAB ini menggunakan metode interlock yang teknik konstruksinya menggunakan fabrikasi dalam perhitungan algoritmanya sehingga cenderung lebih murah jika dibandingkan metode biasa atau konvensional. Selisih nya di kisaran 10% – 20% lebih hemat dibandingkan menggunakan cara membangun biasa.

 

WhatsApp chat