Tanah sebenarnya mampu menerima beban berapapun yang diberikan kepadanya. Hanya diperlukan teknik pondasi yang tepat untuk menyalurkan beban agar bisa diterima secara sempurna oleh tanah.

Secara umum daya dukung tanah terhadap beban ada 2 macam, yaitu terhadap gaya tekan dan gaya gesek. Dimana gaya tekan adalah kekuatan tanah menahan beban dalam kg/cm persegi luas bidang pondasi yang menekannya dan gaya gesek adalah kekuatan tanah menahan beban dalam kg/cm persegi luas bidang pondasi yang bergesekan dengan tanah.

Untuk mendapatkan berapa kekuatan gaya tekan dan gaya gesek tanah, dilakukan tes yang dikenal dengan tes sondir. Hasilnya akan mengungkapkan berapa gaya tekan dan gaya gesek tanah pada kedalaman berapa. Pada bangunan sederhana kedalaman pondasi hanyalah di kisaran 1-2m saja. Dikarenakan per m kedalaman tanah memiliki besaran gaya tekan dan gaya gesek yang berbeda tergantung pada jenis lapisan tanah yang ada.

Pada jenis tanah berpasir cenderung memiliki gaya tekan yang tinggi namun nilai kekuatan gaya geseknya cenderung rendah. Sedangkan tanah lempung cenderung memiliki gaya tekan yang rendah tapi memiliki gaya gesek yang tinggi.

Pada gaya tekan, yang dihitung adalah permukaan bawah pondasi yang kita buat, lalu luasnya dalam cm2 dikalikan dengan nilai gaya tekan tanah pada titik kedalaman pondasi yang kita buat. Sedangkan pada gaya tekan yang dihitung adalah permukaan sisi pondasi, lalu luasnya dalam cm2 dikalikan dengan nilai gaya gesek tanah per kedalaman pondasi. Nilai yang didapat dari 2 gaya tadi ditambahkan lalu dikalikan 80% maka akan didapatkanlah nilai maksimal beban yang bisa disalurkan pondasi di titik tersebut.

Nilai maksimal beban yang bisa disalurkan menjadi batas beban bangunan yang bisa kita buat di atas pondasi tersebut. Misalkan berat bangunan yang kita kerjakan 50ton, sedangkan 1 titik pondasi didapatkan bisa menyalurkan beban 5 ton, maka diperlukan 10 titik agar berat beban bangunan bisa aman tersalurkan ke dalam tanah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
%d bloggers like this: