Pertanyaan paling jamak dalam dunia jasa konstruksi yang sering kami terima adalah “berapa harga per m2 bangunan?”

Di https://ezygriya.com/hitung-rab/ bisa anda dapatkan perhitungan RAB, semoga membantu pertanyaan ini, kemudian hal berikutnya yang perlu dibahas dalam video ini “apakah harga tersebut sudah termasuk jasa konstruksi?”

Jawabannya belum, perlu dipahami metode perhitungan RAB bermacam-macam, tiap-tiap pelaku bisnis konstruksi memilik metode yang berbeda dalam menentukan harga material dan biaya yang akan diajukan dalam penawaran sebuah proyek konstruksi. Dalam hal ini, perhitungan yang dipaparkan Ezygriya pada video tentang perhitungan RAB belum merupakan penawaran, lebih pada perhitungan RAB untuk kebutuhan membangun sendiri. Mudahnya pada video perhitungan RAB untuk anda yang berkesempatan membeli material sendiri dan mengawasi atau bahkan mengerjakan sendiri.

Jika anda ingin menggunakan jasa konstruksi dalam melaksanakan proyek konstruksi, video perhitungan RAB tersebut juga bias dijadikan referensi. Syaratnya anda perlu membuka diri terhadap kenaikan sebesar 10-20% dari video perhitungan RAB yang anda saksikan di channel ezygriya. Bahkan jika material dan metode konstruksinya berbeda bias jadi selisih hitungannya sampai dengan 40% bahkan bisa lebih dengan material finishing yang sama sekali berbeda. Contohnya harga lantai keramik dibandingkan dengan harga lantai granit tentu selisihnya bisa 2-4 kali lipat. Juga banyak jenis material lain yang selisih harganya bisa berlipat-lipat.

Yang perlu dipahami dikarenakan jasa konstruksi merupakan sebuah bisnis pelayanan tentu akan ada margin yang diperlukan. Jadi jika anda akan menggunakan jasa konstruksi, tetapi anda tidak berkenan memberikan imbalan selain material dan biaya tenaga konstruksinya, sebaiknya tidak perlu menggunakan jasa konstruksi, bisa langsung melakukan pengawasan sendiri dalam menjalankan proyek.

Kisaran biaya jasa konstruksi yang diambil dari sebuah proyek di kisaran 10% dari nilai RAB yang disepakati. Dan perlu dipahami juga bahwa nilai RAB yang ditawarkan biasanya mengandung biaya cadangan kurang lebih 10% juga. Contohnya pada video ezygriya tentang RAB sederhana tentang ruangan ukurang 3×3 dengan biaya 15jt 670rb, bisa jadi  jika anda menggunakan jasa konstruksi RAB penawarannya akan berambah 3jt 134rb (20%) jadi 18jt 804rb dengan satuan per m2 jadi 2jt 89rb/m2. Komponennya kurang lebih 10% untuk material cadangan dan sisanya adalah margin jasa konstruksinya. Tentu anda bisa melakukan negosiasi tentang angka-angka harganya. Hanya jika tidak berkenan sama sekali untuk hal-hal seperti ini, yaitu cadangan dan margin, sebaiknya dikerjakan sendiri.

Tentu harus ada hubungan timbal balik yang beretika antara pengguna jasa kontruksi dan kontraktornya. Pihak kontraktor beresiko rugi karena salah perhitungan, permintaan yang tidak terencana dan berbagai factor lainnya. Pihak penggunapun bisa saja dirugikan dengan waktu yang mundur, pengerjaan yang tidak sesuai harapan dan sebagainya. Karenanya perancangan, kemudian perencanaan, kontrak kerja, gambar kerja dan itikad baik perlu disiapkan sebelum memulai sebuah proyek konstruksi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
%d bloggers like this: